Jumat, 09 April 2010

Tips Menghilangkat Karat


Karat Hilang Berkat Pasir

Karat sering mampir di sepeda kesayangan manakala kita kurang rajin merawatnya. Terlebih pada bagian pelek yang berlapis krom. Alhasil, penampilan sepeda jadi kurang sip. Bila sudah nangkring di sepeda kita, karat akan sulit dihilangkan. Jika nekat menyikat atau mengamplas malah akan merusak lapiran asli besi.

Tanpa sengaja saya memperoleh kiat mengusir karat tanpa merusak lapisan besinya. Dengan catatan, lapisan asli besi belum mengelupas. Jadi, ketika karat masih tipis dan baru, langsung dihajar dengan kiat ini. Jangan karena malas malah sepeda disimpan di gudang. Karat justru akan senang.

Kiat membersihkan karat ini saya peroleh dari seorang penjual onderdil sepeda bekas langganan saya. Saat itu saya sedang mencari onderdil sepeda. Saya suka berburu onderdil di pasar loak sebab harganya miring. Asal cermat dan punya waktu untuk memilih.

Sambil memilih, saya mengobrol berbagi cerita. Saat itu dia melihat sepeda saya tampak berkarat. Dengan sedikit bercanda dia menyuruh saya mengambil pasir di depan kios. Kemudian dia meminta saya untuk menggosokkannya pada pelek yang berkarat dengan menggunakan selembar lap. Setelah pasir dibersihkan, mengejutkan! Pelek roda bersih cemerlang seperti baru.

Menurut penjual onderdil tadi, kalau mau lebih bagus hasilnya, pasir yang digunakan harus pasir saringan. Jadi butir-butirannya halus. Tambahkan juga sabun colek. Dengan menggunakan selembar lap basah, gosokkan campuran dua bahan tadi pada karat. Sesudah semua selesai digosok, bersihkan sisa-sisa bahan dengan air bersih.

Saran tadi saya praktikkan di rumah. Hasilnya memang lebih bersih. Cara ini, selain murah meriah, juga mudah dilakukan siapa pun. Tidak percaya? Cobalah sendiri, dan buktikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar